10 Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Artikel ini tentang tips memilih universitas swasta terbaik di Indonesia. Lahir di era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, menjadikan generasi sekarang dapat memiliki berbagai macam pilihan pada mimpi dan cita-citanya. 

Tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun sebelumnya. Jika generasi kelahiran 70-90 hanya dihadapkan pada persepsi bahwa menjadi sukses itu harus menjadi PNS, sekolah di negeri, dan bercita-cita jadi Pilot, Dokter, Tentara, atau Polisi. Itu semua tidak berlaku untuk generasi kelahiran 2000-an. 

Mereka lahir ketika sains berkembang dengan sangat baik. Ilmu pengetahuan bergerak maju, teknologi informasi pun demikian. Pada akhirnya, muncullah mimpi dan cita-cita yang beragam. Seperti menjadi Digital Marketer, Visual Graphic Designer, Consultant, Copywriter, Entrepreneur, Youtuber, Programmer, IT Support, IT Specialist, dan begitu banyak pilihan lainnya. 

Dari beragam pilihan itu, generasi sekarang pun semakin mudah untuk memulai langkah mereka mencapai cita-citanya. Dan, yang paling penting lagi, anggapan bahwa Lulusan Universitas Swasta itu tertinggal dan terkesan buruk, benar-benar sudah hilang. 

Mulai banyak Universitas Swasta di Indonesia yang berkualitas dan sangat bisa dipertimbangkan. Terlebih lagi, PTS PTS ini memiliki track record yang baik dalam mengembangkan potensi mahasiswanya, melalui fasilitas dan praktikal yang menunjang. 

Akan tetapi, untuk menentukan mana Universitas Swasta Terbaik, mana yang kurang, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal. Lewat artikel ini kita akan membahas tips-tips memilih Universitas Swasta Terbaik di Indonesia. 

10 Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik di Indonesia


1. Pahami Minat dan Keahlian Diri 


Mengenali diri sendiri. Sumber: rockchurch.cc 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Saat ini, pilihan karir, atau ingin menjadi apa itu semakin banyak. Maka dari itu, mulailah mengenali seperti apa diri kamu, apa hobi yang kamu suka, bidang apa yang ingin kamu kembangkan, ide-ide apa yang selalu terpikir olehmu. Jika kamu sudah mengenali diri kamu dan sudah memahami minatmu di bidang apa. Barulah mulai menentukan pilihan kampus yang sesuai. Misalnya, kamu suka bidang IT, dan kamu ingin belajar sistem informasi. Salah satu PTS terbaik untuk jurusan Sistem Informasi adalah Universitas Gunadarma. Kamu bisa mencari tahunya.

2. Lihat Berdasarkan Akreditasi Universitas 


contoh sertifikat akreditasi. Sumber: career.gunadarma.ac.id

Ini penting banget. Setelah menentukan ingin masuk ke jurusan apa, kemudian carilah PTS yang secara institusi sudah terakreditasi A. Akreditasi A adalah nilai tertinggi sebuah universitas, yang ditentukan oleh badan pemerintah yang mengurusi perguruan tinggi. Penilaiannya berdasarkan fasilitas, prestasi, lulusan-lulusan terbaik, dan hasil-hasil penelitian.

3. Akreditasi Jurusan 


Selain akreditasi universitas, akreditasi jurusan juga penting banget. Hal ini menentukan nasibmu ke depannya selama kuliah. Jurusan dengan akreditasi yang bagus, pastinya memiliki fasilitas penunjang yang sangat membantu mahasiswa belajar. Carilah universitas yang mayoritas jurusannya sudah terakreditasi A. 

4. Kelengkapan Fasilitas 


Fasilitas FK Gunadarma. Sumber: gunadarma.ac.id 

Penting banget kamu mencari banyak informasi, seperti review fasilitas universitas tertentu. Mulai dari fasilitas kelas, fasilitas umum seperti ruang internetan, ruang untuk berdiskusi, juga fasilitas-fasilitas kegiatan mahasiswa. Jangan lupa, penting banget universitas itu memiliki fasilitas laboratorium yang bagus dan lengkap, juga perpustakaan yang nyaman dan lengkap.

5. Biaya Kuliah 


Nah yang satu ini yang paling penting. Jika sudah memastikan akreditasi universitas dan jurusan mendapat A, kemudian sudah memastikan fasilitasnya sangat mendukung dan sesuai dengan yang kamu inginkan, selanjutnya perhatikanlah soal biaya. Sebagai orang yang sudah mencari berbagai macam informasi, salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang terakreditasi A, dengan fasilitas yang baik, dan berhasil mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten, namun biaya kuliahnya terjangkau adalah Universitas Gunadarma. Kenapa? Kamu bisa mencari tahunya sendiri, dibandingkan universitas-universitas swasta lain yang berada di kelasnya, UG termasuk yang paling terjangkau.

6. Sarana Pengembangan Diri 


Kalau yang satu ini juga harus diperhatikan. Kamu pastinya nggak mau dong kalau kuliah cuma gitu-gitu aja, cuma mendapat pengetahuan baru tanpa mengembangkan kemampuan diri lainnya. Nah sarana pengembangan diri ini tuh maksudnya kayak perpustakaan yang nyaman dan lengkap, fasilitas lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan eksplorasi. Kalau kamu masuk jurusan Sistem Informasi, harus ada sarana komputer dengan internet yang kencang. Begitu juga yang lainnya

7. Lokasi PTS 


Lokasi juga penting dong. Ini menentukan apakah kamu harus ngekos atau pulang pergi. Kalau kamu tinggal di sekitaran jabodetabek, tentunya pilihan kampus di sekitaran depok dan jakarta selatan jadi pilihan yang oke dong. Ke Depok deket, ke jakarta deket, ke bogor deket, ke tangerang deket. Terus jangan lupa, lihat juga kemudahan transportasi umumnya. Atau jika kamu harus ngekos, ya pastikan biaya hidup di daerah sekitar kampus itu terjangkau.

8. Kiprah PTS 


Kamu bisa mencari tahu kiprah sebuah universitas dari prestasi-prestasi yang sering didapatkan. Mulai dari prestasi mahasiswanya, prestasi kampusnya, sampai prestasi mahasiswa di unit kegiatan mahasiswanya. Misalnya kamu ikut UKM robotik atau UKM programming, nah lihat lah universitas mana yang sering mendapat prestasi di bidang-bidang tersebut.

9. Visi dan Misi 


Oh ya ini juga penting. Visi dan Misi sebuah universitas, menjadi gambaran akan seperti apa universitas tersebut ingin membentuk mahasiswanya. Visi itu tujuan, dan misi adalah cara melakukannya. Carilah visi dan misi yang sesuai dengan diri kamu. 

10. Usia PTS dan Kiprah Alumninya 


Lamanya sebuah Perguruan Tinggis Swasta berdiri, menunjukkan pengalamannya dalam melakukan inovasi dalam menjawab tantangan zaman. Biasanya, PTS yang usianya lebih dari 20 tahun, memiliki kiprah yang bagus, baik dari segi lulusannya, juga jaringannya dengan lembaga-lembaga atau institusi yang akan memfasilitasi lulusan-lulusan perguruan tinggi tersebut. Jadi, mencari tahu kiprah alumninya pun juga sangatlah penting. 


Nah itulah 10 tips memilih universitas swasta terbaik di Indonesia. Ke 10 tips itu harus benar-benar kamu perhatikan. Jangan sampai kamu salah langkah dalam memilih kampus kamu nantinya. Salah satu universitas swasta terbaik yang bisa menjadi pelabuhan kamu selanjutnya, dan hampir mencakup ke 10 kriteria di atas adalah Universitas Gunadarma. Jika kamu ingin mendaftarnya, kamu bisa kunjungi https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2020/.

Komentar