Bertemu Ruangguru, Metode Belajar Gaya Baru

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang metode belajar gaya baru yang belum lama ini saya temukan. Kita sama-sama tau kalau saat ini kita sedang berhadapan dengan percepatan teknologi. Dimana semua orang sedang aktif-aktifnya menggunakan berbagai platform digital. Oleh karena itu, setiap individu manusia hari ini (tanpa batasan usia) pasti menggunakan smartphone dan aktif berselancar dengan akses internetnya. Nah, yang jadi pertanyaan, seberapa efektifkah penggunaan internet bagi kalangan anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan ini?

Oke seperti yang saya bilang di awal, saya akan menceritakan sedikit tentang metode belajar gaya baru. Jadi begini, belum lama ini iseng-iseng searching di google dengan keyword ‘bimbel online’. Dari hasil pencarian itu keluarlah di page 1 dan yang paling pertama adalah Ruangguru.com. Wuih ruangguru? Apa ini, oke langsung saya buka. Pertama yang muncul seperti di bawah ini




REVOLUSI BELAJAR, nah kalimat itu yang saya lihat pertama kali ketika linknya terbuka. Revolusi kan perubahan secara cepat ya, berarti perubahan secara cepat dalam belajar, hmm menarik nih buat saya yang segala halnya engga suka yang bertele-tele.
Lanjut lagi saya scroll ke bawah, nah disitu ketemu tulisan “Ruang Belajar” dan ada hyperlink “Coba Gratis”, karena penasaran yaudah mumpung gratis ya coba deh. Pas kebuka ada video materinya, saya klik dan video mulai. Setelah menonton video itu, sekarang saya beri penilaian;
·     
    Pertama video ini menarik banget buat belajar. Kenapa? Karena banyak banget animasi yang muncul sesuai dengan konteks materi yang di jelasin sama tutornya.
·    
    Kedua, membuat belajar lebih efektif, karena tutor memberikan contoh-contoh yang ada di sekitar kita, jadi bisa cepet pahamnya.
·       
      Ketiga, penekanan pada poin-poin penting materi, selalu dilakukan oleh tutor, jadi tau titik tekan poin mana aja yang penting.
·       Terakhir yang keempat, durasi videonya engga terlalu panjang jadi pas dan ngga bosenin.



Ternyata engga berhenti di video materi doang, pas scroll kebawah lagi ada beberapa hal yang bikin saya tertarik banget. Ternyata tersedia juga kuis dan latihan buat nguji sejauh mana saya benar-benar memahami materi yang dijelasin pada video. Terus nih ya, ada juga rangkuman materi yang sudah di pilah dan di design dengan bagus banget. Designnya ituloh ngga norak dan enak aja gitu buat di liat, jadi yang biasanya liat rangkuman males, nah ini enak banget buat diliat terus, lumayaan. Habis itu, ternyata kita bisa juga tukeran catatan, se Indonesia Raya lagi, Wew!! Biasanya mah kalau di kelas suka pada pelit ngeliatin catetannya, nah ini malah bisa tukeran sama banyak anak, hehe asiik.

Sampailah pada titik yang menegangkan, yaitu soal biaya, hahaha. Bukannya apa-apa, tapi kadang mikir siasat buat ngerayu orang tua itu lho yang agak susah. Pas scroll kebawah lagi ternyata ada tuh harganya, daaan jengjeeng murah coy, paket 1 tahun ajaran cuma Rp. 675.000, kalau mau per bulan Cuma Rp. 175.000, hehe btw kaya lagi promosi aja ya, tapi ngga papa lah berbagi pengalaman yang baik-baik itu kan engga dosa, itung-itung nguatin solidaritas sesama pelajar di Indonesia Raya.




Oke begitulah sedikit cerita saya sewaktu pertama kali bertemu dengan Ruangguru. Sekarang saya sudah berlangganan. Sebagai pelajar Indonesia yang baik dan bersahaja, saya saranin sih ikutan, daripada kuota abis buat buka yang engga-engga, atau main games ngga ada habisnya, mending itu smartphone dipake buat yang berguna sedikit. Bukannya sok ngajarin atau gimana nih ya, tapi yang jadi poin pentingnya, persaingan kedepan itu semakin berat. Nah, kalau kita engga pinter atau engga cerdas, terus masih males-malesan, yaudah deh tinggal nunggu tersingkirnya aja kita.  

Komentar

  1. Fitur2 ruangguru emang keren sih, apalagi skrg bisa print bank soal, jd tambah enak belajarnya:)

    BalasHapus

Posting Komentar