Review Ruangbelajar, Produk Baru Ruangguru

Belakangan ini nama Ruangguru tengah menjadi perbincangan di banyak kalangan anak muda, terutama pelajar. Startup yang bergerak dibidang pendidikan ini baru saja memperkenalkan brand ambassador mereka, yaitu Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan. Pada saat perkenalan Iqbaal sebagai brand ambassador Ruangguru, beberapa produk Ruangguru pun diperkenalkan kepada publik. Nah, sebagai orang yang datang pada saat launching brand ambassador Rungguru di XXI Epicentrum beberapa pekan lalu, saya mau me-review salah satu produknya, yaitu Ruangbelajar. Saya hanya ingin membagikan informasi yang menurut saya berguna buat teman-teman sekalian, baik orang tua, remaja, juga anak-anak yang masih berada di bangku sekolah.

Launching Brand Ambassador dan Produk Baru Ruangguru


APA ITU RUANGGURU?   

Mungkin belum banyak dari teman-teman yang sudah mengenal Ruangguru. Ruangguru berdiri pada tahun 2014, yang merupakan sebuah karya dua anak muda Indonesia, yaitu Belva Devara dan Iman Usman. Lambat laun, Ruangguru menjadi perusahaan berbasis teknologi terbesar yang berfokus pada layanan pendidikan. Ruangguru sendiri memiliki lebih dari 6 juta pengguna dan telah mengelola lebih dari 150.000 guru. Selain itu, guru-guru yang terdaftar di Ruangguru, menawarkan jasa lebih dari 100 bidang pelajaran.

Perlu kalian tahu, Ruangguru juga memiliki komitmen untuk bermitra dengan pemerintah daerah. Komitmen Ruangguru adalah memberikan pendidikan yang berkualitas melalui Learning Management System (LMS). Sebanyak 32 dari 34 pemerintah provinsi telah bekerja sama dengan Ruangguru, dan setidaknya ada lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia juga telah bekerja sama dengan Ruangguru.

Nah, untuk menjalankan komitmennya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, Ruangguru pun meluncurkan beberapa produk. Ada ruangbelajar, ruangles, ruanglesonline, ruangguru digitalbootcamp, ruangkelas, ruanguji, dan memiliki blog yang berisi konten-konten pengetahuan, mulai dari konten akademik sampai konten pengetahuan umum.

Oke, pertama-tama saya akan me-review produk ruangbelajar yang belum lama ini diluncurkan, dan dijelaskan pula saat acara launching brand ambassador Ruangguru.

APA ITU RUANGBELAJAR?

Ruangbelajar adalah sebuah produk berbasis aplikasi yang menyediakan berbagai fitur metode pembelajaran. Fitur-fitur pembelajaran digabungkan untuk memudahkan teman-teman mempelajari materi pelajaran yang sulit dimengerti. Kemudian yang membedakan ruangbelajar dengan aplikasi belajar lainnya yaitu teman-teman diberi tantangan untuk menyelesaikan setiap misi yang telah disusun secara runtut. Misinya sangat jelas, berkaitan dengan topik pelajaran yang dibutuhkan oleh teman-teman. Dengan adanya misi ini, tujuannya adalah teman-teman mampu memahami materi belajar dengan mudah.

Sumber. https://ruangguru.com/belajar

Topik-topik pelajaran yang bisa kamu akses mulai dari kurikulum KTSP, kurikulum 13, dan kurikulum 13 revisi. Semua konten materi belajar telah dikemas dan dirumuskan oleh master teacher yang berpengalaman dan memenuhi kualifikasi sesuai bidangnya. Dengan begitu, materi belajar yang bisa kamu akses tidak kaku, tidak membosankan, dan lebih mendalam.

FITUR-FITUR RUANGBELAJAR DAN KELEBIHANNYA
-        
      1. Video belajar animasi

Gambar. Video belajar animasi Matematika 

Pada video ini materi pelajaran akan dijelaskan oleh seorang tutor. Tutor akan menjelaskan materi belajar dengan memberikan contoh-contoh yang mudah dimengerti. Untuk memudahkan teman-teman dalam memahami contoh yang diberikan oleh tutor, setiap contoh akan muncul dalam bentuk animasi. Selain itu, background video pun dibuat sesuai dengan konteks materi yang dibahas, dan tentunya ada banyak warna di sana, sehingga mata kita tidak akan lelah.

Untuk durasi waktunya tidak terlalu panjang. Video belajar animasi ini berdurasi maksimal 10 menit. Meskipun durasinya tidak panjang, materi yang dijelaskan tutor sudah terbilang cukup. Kok bisa? Nah ini, seperti yang sudah saya bilang tadi, para tutor sudah merumuskan terlebih dahulu materi pembelajarannya agar lebih padat dan lebih mudah untuk dipahami. Jadi, materi pelajaran yang sudah ada, dibedah dan dikembangkan lagi oleh para tutor nih. Alhasil materi pelajaran yang kamu dapatkan itu sangat padat dan kontekstual. Dengan begitu materi pelajaran akan mudah untuk dipahami.

-        2. Kuis

Gambar. Kuis misi ruangbelajar

Setelah teman-teman menonton video belajar animasi, kalian akan diberikan kuis yang merupakan bentuk latihan soal sesuai dengan materi yang dijelaskan oleh tutor pada video animasi. Gunanya untuk mengetes apakah kalian sudah memahami materi yang dijelaskan sebelumnya.

Pada soal latihan terdapat pilihan jawaban. Tapi tenang aja, kalau kalian salah menjawab, akan muncul jawaban yang benar beserta penjelasannya. Jadi kalian bisa tahu nih di mana titik kesalahan kalian. Begitupun jika benar, kalian bisa melihat penjelasannya untuk menguatkan alasan kenapa kamu bisa menjawab dengan benar.

Gambar. Penjelasan jawaban yang benar

-        3. Video Belajar Tanpa Animasi  

Gambar. Video tanpa animasi Ruangbelajar

Selain video animasi, di ruangbelajar juga ada video tanpa animasi. Bedanya apa sih? Nah, bedanya kalau video animasi itu tutor akan menjelaskan pengertian-pengertian dan contoh-contohnya, kalau video belajar tanpa animasi ini tutor akan membedah dan membahas secara langsung materi dan soal pelajaran.

Tutor akan menulis dan membuat coretan-coretan dalam membahas materi. Materi yang dijelaskan masih berkaitan lho dengan video belajar animasi. Jadi ketika kalian sudah memahami pengertian dan contoh materinya, kalian akan diajak untuk memahami dan bagaimana menyelesaikan soal-soal pelajaran. Khusus untuk model video belajar yang satu ini, cuma tersedia di kelas 7 SMP sampai 12 SMA, baik untuk IPA maupun IPS.

Kalau saya boleh berpendapat, dengan video-video belajar ini pastinya kita akan sangat mudah memahami materi pelajaran bahkan bagaimana cara mengerjakan soal-soalnya. Itu sudah pasti, karena dijelaskan secara runtut dan sangat jelas. Ini pendapat saya setelah menyaksikan dan mencobanya langsung.

-       4. Rangkuman

Gambar. Rangkuman dapat diakses setelah misi selesai

Ini juga menarik nih teman-teman, menurut saya rangkuman pelajaran itu penting dan berguna banget. Karena kadang para pelajar termasuk yang saya rasakan dulu, kita sering kebingungan menentukan poin-poin mana yang penting dari sebuah materi pelajaran. Biasanya yang sering mencatat materi dan membuat rangkuman itu anak-anak yang rajin banget, kadang kan nggak enak juga kalau minta, jadinya ya kadang suka engga punya rangkuman sendiri, padahal penting banget.


Gambar. Rangkuman Matematika
Jadi dengan adanya rangkuman dari ruangbelajar ini, teman-teman bisa menggunakannya ketika ada materi yang berkaitan, atau seenggaknya bisa dibaca sewaktu-waktu kalau ingin mengingatnya. Daan yang jadi menarik lagi buat saya nih ya, pas diperlihatkan contoh rangkumannya, itu langsung menarik perhatian saya, karena rangkumannya dibuat dengan design yang bagus, ya semacam info grafis yang biasa kita lihat di berbagai platform media.

-          Latihan Soal Terakhir

Gambar. Score penyelesaian soal latihan terakhir
Pada latihan soal terakhir ini agak berbeda nih sama latihan soal sebelumnya. Di sini kalian akan diberikan tantangan untuk menjawab soal. Soal yang diberikan berhubungan dengan seluruh materi yang sudah dijelaskan melalui video-video pembelajaran sebelumnya, juga setelah kalian melihat rangkuman.

Saya juga diberikan kesempatan untuk mencoba latihan soal terahir ini. Nah, di sini kita diberikan waktu untuk menjawab soal-soalnya. Bedanya dengan latihan soal yang pertama, penjelasan tentang jawaban tidak langsung keluar begitu saja. Akan tetapi, penjelasan jawaban akan muncul setelah kita waktu yang diberikan habis dan setelah kita mendapatkan score akhir dari jawaban-jawaban soal tadi. Waktu itu saya bisa menjawab ke 10 soal, tapi yang benar cuma 5 hehe, dan itu saya kerjakan dalam waktu 38 detik. Untungnya ada penjelasan di akhir, jadi saya tahu di titik mana kesalahan jawaban saya.

Oke itu semua adalah fitur yang tersedia di ruangbelajar ya. Nah semuanya itu di atur secara runtut dalam bentuk satu misi, setiap topik pelajaran di tiap-tiap kelas memiliki misi yang harus diselesaikan.

For your information aja nih, di ruangbelajar tersedia materi pelajaran mulai dari kelas 4 SD-12 SMA. Tentunya pada setiap kelas memiliki misi yang berbeda, tergantung bobot materi pelajarannya. Selain itu, ada juga materi-materi pelajaran untuk kalian yang ingin mengikuti Ujian Nasional juga Ujian SBMPTN.

Gambar. Pilihan Kelas, Kurikulum, SBMPTN, dan Umum
Untuk pilihan UN dan SBMPTN pas banget nih buat kalian para siswa kelas 12. Melalui Ruangbelajar, kalian bisa melakuka persiapan Ujian Nasional dan persiapan SBMPTN lebih matang. Contohnya saja pada RB SBMPTN, materi-materi pembahasan soal SBMPTN dari tahun ke tahun pun tersedia.





Untuk mengakses semuanya itu, teman-teman harus berlangganan terlebih dahulu, untuk range harganya itu berbeda-beda tergantung kebutuhan teman-teman. Nah range harganya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Beruntungnya saya bisa hadir di acara launching brand ambassador waktu itu. Jadi saya bisa mencobanya langsung. Oke, itu semua adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki ketika menggunakan ruangbelajar. Nah kurang afdol kalau saya ngga kasih penilaian tentang kekurangannya.

KEKURANGANNYA

Langsung aja nih ya, karena saya sudah mencobanya secara langsung jadi saya bisa memberikan pendapat tentang beberapa kekurangan dari produk ruangbelajar ini.

Pertama, size aplikasinya terlalu besar. Karena ruangbelajar adalah produk berbasis aplikasi, jadi untuk mengaksesnya pun harus menginstall terlebih dahulu aplikasinya. Sayangnya aplikasi ruangguru lumayan besar nih teman-teman, yaitu sebesar 27 mb. Jadi buat yang ruang penyimpanannya sudah melebihi kapasitas harus memilah-milah aplikasi mana yang harus di relakan untuk di hapus, supaya bisa menginstall aplikasi ini.

Gambar. Aplikasi Ruangguru

Kedua, kita ngga bisa memberikan komentar langsung pada saat menjalankan misinya. Misalnya kalau kita merasa videonya terlalu panjang atau terlalu cepat, atau tutor yang menjelaskannya kurang asik, kalau ada fitur untuk memberikan feedback saya rasa itu lebih enak, karena kita bisa memberikan masukan dan keluh kesah secara langsung.

Ketiga, untuk mengakses ruangbelajar, kita harus memiliki kuota. Nah menurut saya sih ini agak sedikit berat, karena dengan size yang besar otomatis bakalan menyedot kuota yang banyak. Mungkin kalau ada produk yang tidak mengharuskan menggunakan kuota bisa lebih asik. Soalnya masih ada beberapa daerah yang masih sulit untuk terhubung dengan jaringan internet.

Mungkin itu ya beberapa kekurangan yang menurut saya bisa diperhatikan oleh teman-teman sebagai pertimbangan. Ketiga kekurangan itu menurut sudut pandang saya ya. Teman-teman juga bisa memberikan masukan setelah mencobanya.  

Ada satu kelebihan yang menurut saya ini berguna banget buat para pelajar di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ruangbelajar ini, kita ngga harus capek-capek bolak-balik ikut tambahan pelajaran yang jadwalnya pun engga bisa kita tentuin sendiri. Kalau pake ruangbelajar saya kira kalau teman-teman lagi main, lagi kerja kelompok, lagi males-malesan di tempat tidur, masih bisa mengisi waktunya buat belajar beberapa menit sesuai dengan waktu yang dipunya sama temen-temen.

Oke deh teman-teman, mungkin segitu dulu review yang bisa saya berikan kepada teman-teman. Kalau memang ada sebuah aplikasi atau hal-hal lainnya yang bisa menunjang belajar mengajar dengan baik, mungkin nanti bisa saya review. Semoga saya juga punya kesempatan lagi buat mencoba aplikasi lainnya yang dimiliki Ruangguru. Sekian, dan selamat mencoba.  

Nih saya kasih link aplikasinya:

Download Ruangguru for Android 

Download Ruangguru for iOS

Komentar

  1. makasih kak infonya, udah berapa lama langganan ruangguru?

    BalasHapus
  2. wah kayaknya perlu coba juga deh, karena banyak reviuw pengguna ruangguru itu lumayan banyak dan mereka juga sukses dengan belajar di ruangguru ini

    BalasHapus
  3. Wah bagus banget, makasih infonya. Oh ya buat yang mau masuk ke jurusan teknik informatika terbaik, bisa nih daftar di Gunadarma lewat https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2020/

    BalasHapus

Posting Komentar